Resep Masakan Nasi Grombyang Pemalang


Resep Masakan Nasi Grombyang Pemalang – Selamat datang para ibu atau para calon master juru memasak, hari ini kami situs resep masakan enak mudah dan praktis akan memberikan satu resep baru yang bisa anda coba dirumah, resep ini adalah salah satu resep masakan nusantara, jadi bagi anda pecinta masakan indonesia bisa mencoba menu ini.
resep masakan nusantara Nasi Grombyang
Nasi grombyang merupakan masakan nasi yang dicampur yang merupakan makanan khas dari kota Pemalang, Jawa Tengah. nama dari masakan ini terbuat karena ciri khas dari cara penyajiannya, cara penyajiannya antara isi dan juga kuah lebih banyak kuahnya sehingga terlihat bergoyang-goyang dalam bahasa Jawanya/ bahasa pemalang: grombyang-grombyang. Resep nasi grombyang terdiri dari menu seperti nasi, irisan daging kerbau dan juga kuah, yang disajikan dalam mangkuk kecil dan ditambahkan dengan sate kerbau. Ciri khas lainnya dari masakan ini adalah pada tempat jualannya, karena menggunakan kuali besar, kemudian juga untuk tempat nasi ditutupi dengan kain merah, serta penerangan remang-remang dari lampu templok jika kita menjumpai penjual Nasi Grombyang di Pemalang.
Bagi anda yang mungkin sudah pernah merasakan nikmatnya atau lezatnya masakan ini dan ingin mencoba membuatnya berikut ini adalah cara membuat dan bahan resep Nasi Grombyang.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu Nasi Grombyang :

Bahan-bahan bumbu-bumbu Nasi Grombyang

Bumbu Halus Nasi Grombyang :

Bumbu Halus Nasi Grombyang
Bahan Sambal Cabai Rawit:
Bahan Sambal Cabai Rawit
Pelengkap Nasi Grombyang :
Pelengkap Nasi Grombyang

Cara membuat dan memasak nasi grombyang:

  1. Langkah pertama untuk membuat masakan nasi grombyang adalah merebus tetelan, serai, dan juga daun salam hingga matang dan empuk dengan api kecil.
  2. Langkah selanjutnya Anda panaskan minyak. Lalu tumis bumbu halus hingga tercium bau harum. Tuang ke dalam rebusan daging kerbau. kemudian didihkan. Masukkan bahan lainya seperti babat, usus, gula merah, dan juga garam. Lalu Anda masak sampai matang.
  3. Step selanjutnya ketika menjelang diangkat, Jangan lupa Anda tambahkan daun bawang. Kemudian aduk rata.
  4. Untuk membuat sambal cabai rawit, langkahnya pertama Anda rebus cabai rawit dan juga bawang putih. Kemudian diangkat. Setelahnya Anda tambahkan garam plus gula pasir kemudian terakhir haluskan hingga menjadi sambal.
  5. Langkah terakhir dari proses memasak nasi grombyang adalah menyajikan bersama-sama nagi grombyang ditambah pelengkap dan sambal cabai rawit. Resep masakan yang dibuat di situs resep memasak resepenak.info adalah untuk 7 porsi.
Sekian dahulu step resep memasak menu masakan indonesia Nasi Grombyang dari kota Pemalang, semoga bisa membantu anda memudahkan untuk membuatnya, jangan lupa anda juga bisa mencoba memasak Nasi Goreng Hongkong Spesial.
Tag : Resep
0 Komentar untuk "Resep Masakan Nasi Grombyang Pemalang"

Back To Top